Rahasia Merawat dan Melatih Ayam Bangkok Muda

Dalam merawat dan melatih ayam aduan muda seperti ayam bangkok,, banyak cara yg biasa digunakan oleh botoh ayam dan mungkin setiap botoh memiliki cara yg berbeda beda,. Namun pada intinya setiap orang merawat dan melatih ayam bk ini bertujuan untuk mendapatkan ayam jago super dan tangguh saat ditarungkan di gelanggang aduan,.

Pada dasarnya merawat dan melatih ayam bangkok muda ini tidaklah sulit,., Namun bagi yg masih baru atau kurang berpengalaman akan sedikit bingung dalam melakukannya,. Disni kami akan memberikan panduan dalam melatih dan merawat ayam aduan ini yang mana panduan ini kami buat berdasarkan pengalaman pribadi serta pengamatan kami dari beberapa sumber di lapangan,.

Ayam Bangkok Muda
Ayam Bangkok Muda

 

Perawatan dan Latihan Ayam Baru Menetas Hingga Usia 10 Bulan


Apa sajakah bentuk perawatan dan latihan yg diberikan untuk ayam aduan muda ini?

Ayam yang masih baru menetas hingga umur 10 bulan harus diberikan perawatan dan latihan yang berbeda dengan ayam yang sudah dewasa,. Hal ini dikarenakan ayam muda masih dalam tahap pertumbuhan yang jelas akan berbeda dengan ayam dewsa yang mingkin sudah siap untuk perawatan untuk mengasah kemampuan bertarungnya,.

Untuk ayam aduan muda perawatan dan latihan ini dibagi menjadi beberapa bagian yakni :

Perawatan awal yakni untuk ayam yang masih baru menetas,. bibit ayam bangkok yang baru menetas ini sebaiknya diletakkan pada kandang yang bisa berbentuk kotak dan dilengkapi dengan lampu untuk menjaga suhu didalam kandang tersebut,. Biasanya para botoh lebih sering menggunakan kotak yang kemudian diberi lampu kecil (5 wat) serta diberikan makanan (poor) dan minuman secukupnya,. Pada usia ini sebenarnya anak ayam masih memiliki cadangan makanan yang berasal dari kuning telur saat dierami,. Sehingga untuk makanan sendiri tidak perlu diberikan terlalu banyak,.

Bibit Ayam Bk
Bibit Ayam Bk

Perawatan selanjutnya yakni perawatan pada usia 3 bulan,. Pada usia ini ankan sudah bisa dipindahkan ke kandang yg lebih besar,. Kandang harus tetap dijaga kebersihannya serta memberikan makan berupa poor dan konsentrat yang masih berukuran kecil seperti voor 592 dan juga minuman yang diganti setiap harinya,.

Voor bisa dicampurkan dengan susu bukbuk bayi dengan perbandingan 1:5 (Contoh: 1 kg susu dicampur dengan 5kg pakan)., Berikan juga beberapa jenis vitamin dan berbagai obat pertumbuhan agar anak ayam bisa tumbuh sehat dan berkembang,. Lakukan juga pemberian rutin makan dan minuman anak ayam aduan tersebut,.

Setelah usia diatas 3 bulan,, anak ayam diberikan makanan yakni berupa voor yang berukuran lebih besar seperti  voor 594 yang bisa dicampurkan dengan nasi putih,. Berikan juga campuran makanan seperti susu,. Susu yang digunakan tidak perlu susu yang mahal,, karena susu murahpun sudah cukup kandungan protein, karbohidrat, mineral dan vitaminnya,. Dan komposisi ini sangatlah baik dan diperlukan untuk pertumbuhan anakan ayam,.

Pada usia ini,, jangan lupa pula untuk memberikan ayam bangkok Anda makanan yang teksturnya lebih keras agar mereka mulai belajar mengkonsumsi makanan-makanan alaminya,. Selain itu,, daun-daunan juga penting sebagai asupan serat bagi kelancaran sistem pencernaannya,.

Pada saat usia sudah menginjak 6 bulan,. ayam sudah bisa dipisahkan dan dipindahkan ke kandang pribadi,. Sejak usia 3 – 6 bulan sebenarnya ayam sudah bisa diberikan latihan yakni pengumbaran agar otot ayam tidak kaku dan membentuk karakternya,. Agar pertumbuhan tulang bisa optimal,, ayam dibiarkan mandi tanah atau kipu yang juga bertujuan untuk membiasakan ayam dengan lingkungannya,.

Untuk jenis makan pada usia ini masih hampr sama dengan usia 3 bulan,. Hanya saja untuk variasinya bisa ditambahkan jenis makanan lainnya yang mengandung karbohidrat dan juga vitamin agar pertumbuhan dapat berjalan dengan baik,.

Setelah ayam berusia diatas 6 bulan,. jenis makanan sudah bisa dikombinasi agar kebutuhan vitmain dan gizi terpenuhi dengan baik,. Jika kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan baik,. maka bentuk tubuh ayam akan ideal dan juga kecerdasan akan meningkat dengan sendirinya,.

Lakukan perawatan yang sama hingga ayam menginjak usia 10 bulan,. Pada usia 10 bulan ini merupakan masa dimana ayam tersebut mulai menyulam atau adanya proses pertumbuhan bulu,. Tetap jaga makanan yang diberikan agar pertumbuhan bulu ini dapat berjalan dengan baik sehingga ayam akan tumbuh menjadi ayam jago yang siap diberikan latiahn dan perawtan pada tingkat lebih lanjut,.

Perawatan dan Latihan Ayam Usia Diatas 10 Bulan

Setelah usia ayam diatas 10 bulan,, ayam sudah bisa diberikan perawtan dan latihan khusus seperti memandikan,, menjemur,, latihan fisik, abar dan lain sebagainya,.

Memandikan Ayam Bangkok

Untuk menjaga kebersihan badan ayam dari debu debu serta kotoran yang mungkin mengandung bakteri,, ayam harus dimandikan pada saat pagi hari yakni sekitar pukul 8 atau bisa juga pada saat sore hari,. Memandikan ayam ini juga bertujuan untuk mengeraskan dan membantu pembentukan otot ayam tersebut,.
Cara memandikannya yakni dengan menggunakan spon dan air bersih,. Bersihkan semua bagian seperti badan,, kaki, kepala, sayap dan setalh itu biarkan ayam mengeringkan bulunya selama 30 menit dan selanjutnya ayam akan kita jemur,.

Penjemuran Ayam Bangkok

Agar lemak di tubuh ayam tidak menumpuk dan memilihkan staminanya,, maka anda memerlukan proses penjemuran ini,. biasanya proses penjemuran sangat di anjurkan ketika memasuki siang yaitu diantara jam 9 hingga jam 10,, beberapa saat setelah anda memandikan ayam tersebut,. Biasakan melakukan penjemuran pada ayam aduan muda dan anda bisa menghentikannya jika ayam terlihat lelah atau sakit,.

 

Latihan Renang, Kliter dan Lompatan

Untuk membentuk otot agar semakin keras dan juga kuat,, maka ayam harus diberikan latihan fisik berupa latihan renang, kliter dan lompatan,. Berikan latihan ini secara teratur agar pertumbuhan otot dapat berkembang dengan baik,. Latihan ini juga dapat mengasah mental ayam sehingga ayam sudah siap untuk diberikan latihan selanjutanya yakni latihan abar,.

Latihan Abar / Sparing

Untuk membentuk mental yang tangguh,, ayam selanjutnya diberikan latihan sparing dengan ayam abaran,. Untuk tahap awal,, ayam diabar selama 5 sampai 10 menit dan kemudian ayam dibiarkan istirahat,. Setelah itu ayam kembali diberikan latihan fisik seperti sebelumnya yakni renang, kliter dan lompatan,.
Berikan latihan abar secara teratut serta untuk durasinya bisa ditingkatkan hingga 15 menit,. Namun yang perlu diperhatikan adalah ayam tidak boleh dipaksakan agar mental tidak turun serta perkembangan ototnya tetap terjaga dengan baik,.
Selama masa ini ayam sudah bisa diberikan makan dan suplemen tambahan dari bahan tradisonal ataupun suplemen buatan pabrik untuk mendongkrak perkembangan otot serta menguatkan mental ayam,. Untuk bahan tradisonal bisa diberikan jamu yang menggunakan bahan kunyit, laos, jahe kencur daun sereh,.
Bisa digunakan untuk merendam makanan,. Biasanya diberikan 1 minggu sebelum diadu,, dan bisa dicampur juga dengan gula merah,. Bahan lainnya mungkin yang ada di sekitar kita adalah rebusan daun sirih dan daun pepaya,. Ramuan tersebut bisa berguna untuk menjaga stamina dan daya tahan atau kekebalan alami pada ayam,.
Untuk supleman buatan pabrik bisa dibeli di apotik ataupun toko unggas seperti Kalsium Ekstra, Vitabro, Vitachick yang diberikan berikan berdasarkan takaran yang terdapat pada kemasannya,.
Demikianlah pembahasan kita mengenai Merawat dan Melatih Ayam Bk Muda Dengan Benar,. Semoga dapat berguna bagi anda dalam memelihara dan merawat ayam aduan kesayangan anda,. Terima kasih,.