Teknik Perawatan Ayam Jago Setelah Diadu

Pada pembahasan sebelumnya admin HobiAyam telah memberikan tips dalam merawat ayam bangkok sebelum diadu,. Dan pada artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yakni Teknik Perawatan Ayam Jago Setelah Diadu,.

Ayam bangkok yang habis berlaga pastinya akan mengalami luka baik itu luka ringan maupun luka parah,. Bahkan tidak jarang kita jumpai ayam yang mengalami taruma dan bahkan penurunan mental karena luka yan g diderita ayam tersebut,. Jadi dalam hal ini sangat penting diberikan perawatan agar ayam kembali bugar serta taruma fisik dan mental tidak berkelanjutan,.

Perawatan ini tak hanya dikhususkan untuk ayam bangkok saja,. Namun setiap ayam aduan seperti ayam saigon dan birma yang habis berlaga harus diberikan perawatan serupa,. Kenapa ayam aduan atau ayam jago harus diberikan perawatan setelah berlaga?. Jawabannya adalah seperti yang kami sebutkan sebelumnya yakni agar ayam kembali bugar serta taruma fisik dan mental tidak berkelanjutan,.

 

Adu Ayam Jago
Laga Ayam Jago

Cara Merawat Ayam Jago Sehabis Berlaga

Dalam memberikan perawatan ini kita tidak bisa asal asalan karena jika salah maka akan dapat berakibat fatal untuk ayam jago kita,. Jadi sebagai botoh kita wajib menguasai segala hal baik itu perawatan sebeleum maupun sesudah diadu,. Karena seorang botoh sejati tidak hanya tau mangadu ayam saja,, namun seorang botoh harus bisa bertanggung jawab merawat ayam yang sudah diadu ini,.

Baiklah, kita masuk saja ke pokok pembahasan kita yakni perawatan ayam setelah diadu,. Untuk perawatan luka kita bagi menjadi 2 bagian yakni perawatan luka ringan dan luka parah,. Selain itu juga diberikan perawatan lainnya seperti pemulihan saluran pernafasan dan pemulihan stamina,.

Perawatan Luka Ringan

Untuk ayam jago yang mengalami luka ringan atau tidak terlalu serius,, biasanya terlihat luka lecet akibat terkena pukulan lawan,. Perawatan yang diberikan yakni membersihkan luka luka tersebut menggunakan air bersih dan kemudian keringkan menggunakan kain,.
Setelah dibersihkan dan dikeringkan, luka tersebut bisa diberikan obat luka seperti betadine, Tetayokcin ataupun jenis obat luka lainnya yang bisa dibeli diapotik atau toko unggas,. Setelah itu ayam diberikan makanan secukupnya dan ayam diistirahatkan untuk memulihkan stamina ayam tersebut,.

Perawatan Luka Parah

Ayam yang mengalami luka parah sebaiknya diberikan perawatan langsung agar luka tidak terinfeksi,. Luka yang agak lebar sebaiknya dijahit dan kemudain dibersihkan dengan cara memandikan,. Setelah luka dibersihkan,, berikan obat luka seperti betadine agar pendarahan dapat dihentikan serta luka tidak terinfeksi bakteri,.
Luka tersebut sebaiknya dibalut menggunakan plaster hansaplast ataupun menggunakan kain bersih,. Selain itu ayam juga diberikan obat antibiotik seperti amoxicillin dengan cara melolohkan pada mulut ayam dan diberikan minum,.

Pemulihan Saluran Pernafasan

Ayam yang habis berlaga ini juga sangat penting diperhatikan bagian saluran pernafasannya,. Untuk menghindari infeksi bakteri (misalnya bakteri penyebab ayam ngorok), ayam aduan harus segera diberikan antibiotik yang dapat digunakan sebagai penyembuh peradangan pada saluran pernapasan, misalnya teramisin atau trimisin.
Selain itu bersihkan juga bagian tenggorokan menggukanan bulu ayam yang dibasahi,. Lakukan pembersihan ini berulang ulang hingga lendir yang ada ditenggorokan tidak menggangu pernafasan ayam tersebut.

Pemulihan Stamina

Untuk memulihkan stamina dapat dilakukan dengan berbagai cara,. Salah satunya adalah dengan memberikan jamu khusus yang bisa dibuat menggunakan bahan alami seperti kencur basah, beras, telur bebek, madu, dan gula aren.
Berikut adalah cara pembuatannya:
  • Pertama, rendam beras dengan air selama beberapa saat kemudian turuskan.
  • Kupas kencur lalu tumbuk halus bersama beras yang telah dituruskan.
  • Setelah beras dan kencur halus, selanjutnya campurkan telur bebek, gula aren, serta madu secukupnya.
  • Selanjutnya, buat adonan tersebut menjadi butiran seukuran biji jagung. Jemur hingga kering.
  • Setelah kering, simpan jamu tersebut dalam wadah yang kedap udara dan ditempat yang kering agar jamu bisa disimpan lama dan digunakan berulang ulang.
Setelah itu berikan 1 atau 2 butir jamu tersebut sesuai dengan kondisi ayam tersebut,. Selain jamu diatas,, ayam juga dapat diberikan air rebusan daun sirih dan jahe agar otot ayam tidak kaku serta melancarkan peredaran darahnya,.
Demikianlah artikel kita tentang Teknik Perawatan Ayam Jago Setelah Diadu,. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam merawat ayam jago kesayangan anda nantinya,.