Cara Merawat Dan Melatih Ayam Birma Menjadi Monster Di Gelanggang

Cara Merawat Dan Melatih Ayam Birma Menjadi Monster Di Gelanggang – Barangkali di Indonesia Ayam Birma bukanlah jenis ayam aduan yang asing,. Karena kini peredaran jenis ayam ini bisa dibulang hampir menyamai ayam bangkok,. Bahkan kepopuleran ayam asal Myanmar ini sudah dikenal oleh para penggemar ayam aduan di Indonesia,.

Berbicara mengenai ayam birma atau burma ini tentunya ada kelebihan dan juga kekurangannya,. Untuk kelebihan dari ayam ini adalah sebagai berikut :

  1. Gerakannya yang cepat mampu melesatkan pukulan sebelum lawan menyerang,. Ayam ini juga tidak mau bertarung dalam jarak kauh sehingga akan selalu mendekati lawan untuk melepaskan pukulan,.
  2. Dari segi pukulan juga cukup akurat dimana bagian yang paling sering diserang adalah bagian kepala, mata dan paruh,. Teknik andalan yang dimiliki adalah teknik nyawat dan mranggal. Bagi ayam Birma yang telah bertaji, teknik ini sangat membahayakan lawan karena sasaran teknik ini adalah area kepala, mata dan paruh.

Sedangkan kekurangan ayam birma original ini yaitu di postur ukuran tubuhnya yang kecil dan bobot tubuhnya hanya berkisar 2,0 hingga 2,75 Kg. Hal ini tentunya akan membuat ayam ini akan kesulitan mencari ayam gandengan untuk diadu,.

ayam birma

Perawatan dan Latihan Ayam Burma

Nah, sekarang kita masuk pada topik pembahasan kita yakni cara merawat ayam aduan asal Myanmar atau ayam birma ini,. Untuk perawatan lebih kurang sama persis dengan cara perawatan ayam aduan lainnya,.

Loading...

Akan tetapi untuk ayam birma asli bisa diberikan perawatan tambahan agar kemampuannya dapat ditingkatkan,. Berikut ini adalah beberapa cara merawat yang bisa anda lakukan,.

  1. Ayam birma hendaknya dirawat sejak kecil dengan cara memberi pakan khusus untuk ayam aduan yang biasanya mempunyai kode 591-595 tergantung atau menurut usianya.
  2. Merawat ayam birma juga seperti merawat ayam aduan jenis lainnya yaitu menyiapkan kandang yang bersih dan sehat.
  3. Setelah menginjak remaja, sebaiknya ayam di pisahkan dan ayam birma di biasakan di taruh dalam kandang yang lebih lebar dan lebih baik menggunakan alas yang berpasir.
  4. Selain menempatkan ayam birma dalam kandang yang lebih luas, kandang juga di beri tangkringan dengan tujuan ayam akan sering melompat sehingga otot-otot ayam birma dapat terbentuk dengan baik.
  5. Menginjak dewasa ayam di latih dengan ayam lain, namun hanya beberapa menit saja, jangan sampai latihan terlalu berat.
  6. Cara memandikan ayam birma juga sama dengan ayam bangkok namun jangan sampai menjemur di bawah sinar matahari terlalu lama.
  7. Sediakan umbaran khusus dengan ukuran yang lebih luas dan teduh.
  8. Tiap 2 minggu sekali ayam di latih gebrak dengan ayam lain dengan tujuan meningkatkan kekuatan otot.
  9. Berikanlah makanan tambahan, seperti multi vitamin dan gingseng.

Untuk ayam birma yang sudah dewasa harus dipisahkan pada kandang yang lebih besar dengan lantai pasir atau berumput,. Pada kandang sebaiknya diberikan tangkringan yang bertujuan untuk ayam akan sering melompat sehingga dapat melatih otot kaki ayam birma dengan baik,.

Demikianlah Cara Merawat Dan Melatih Ayam Birma pada kesempatan ini,. Semoga dapat berguna bagi rekan sesama penghobi ayam aduan agar dapat merawat ayam aduan kesayangan rekan rekan nantinya,.

Salam HobiAyam 🐓🐓

Author: zona-admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *