Jenis-jenis Kandang Ayam Bangkok Berdasarkan Fungsinya

kandang ayam bangkok

Kandang ayam bangkok terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Tentunya kita sebagai pemilik ayam juga harus mengenali jenis kandang tersebut. Tujuannya adalah agar ayam bangkok yang kita pelihara dapat hidup dengan nyaman.

Memelihara ayam bangkok memang menjadi sebuah hobi bagi sebagian orang. Tidak sedikit pula orang yang rela mengeluarkan uang yang banyak untuk biaya perawatan tersebut. Belum lagi biaya pembelian bibit jika belum memiliki ayam yang akan dipelihara. Ini termasuk biaya kandang yang akan kita gunakan untuk memelihara ayam tersebut.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Kandang Ayam Bangkok

Dalam membuat kandang ayam bangkok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ini termasuk lokasi dan kontur tanah dimana dapat berpengaruh pada kesehatan ayam. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini.

1. Lokasi

Lokasi untuk kandang ayam bangkok yang baik adalah ditempat yang sering terkena cahaya matahari. Usahakan posisi kandang menghadap sinar matahari pagi. Cahaya matahari sangat baik untuk pertumbuhan otot dan tulang ayam. Cahaya matahari juga dapat membuat kandang tetap kering sehingga terhindar dari jamur dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ayam bangkok kita.

2. Kontur Tanah

Kontur tanah yang rata dan kering merupakan tempat yang baik untuk kandang ayam. Tanah yang rata dan kering juga akan terhindar dari jamur dan bakteri sehingga kesehatan ayam tetap terjaga. Usahakan juga terdapat saluran irigasi agar disaat hujan air tidak menggenangi kandang.

3. Jarak dari Rumah

Jarak antara kandang dengan rumah yang ideal adalah sekitar 5 meter. Hal ini bertujuan agar bau kotoran ayam tidak terlalu menyengat. Begitu juga jarak antara kandang agar tidak terlalu dekat. Tujuannya adalah jika salah satu ayam terkena penyakit, ayam lain tidak terjangkiti.

Kandang Ayam Bangkok dari Bambu
Kandang Ayam Bangkok dari Bambu | Sumber: Shopee

Jenis Kandang Ayam Bangkok dan Fungsinya

Terdapat 3 jenis kandang ayam bangkok yakni kandang untuk anakan (postal), kandang untuk tidur, dan kandang untuk umbaran.

1. Kandang Postal (Kandang Ayam Bangkok untuk Anakan)

Kandang postal merupakan jenis kandang yang diperuntukkan bagi anak ayam. Kandang ini dilengkapi dengan pengahangat agar anak ayam tetap hangat dimalam hari. Penghangat yang digunakan disini biasanya lampu pijar yang diletakkan pada bagian atas.

Pada bagian samping kiri, kanan dan belakang kandang harus tertutup agar udara dingin tidak bebas masuk. Sedangkan pada bagian depan kandang bisa menggunakan kawat jaring ataupun menggunakan kayu kecil atau bambu.

Pada bagian depan juga bisa diberikan penutup dari plastik yang bisa dibuka pada siang hari dan ditutup pada malam hari. Ukuran kandang untuk anakan ini tidak perlu terlalu besar. Yang penting anak ayam dapat bergerak dengan leluasa.

2. Kandang Umbaran

Jenis kandang ayam bangkok yang kedua yakni kandang umbaran. Selain dapat digunakan sebagai umbaran, kandang ini juga dbisa kita gunakan untuk membesarkan anakan ayam.

Yang perlu diperhatikan untuk kandang umbaran ini adalah alasnya harus terdiri dari pasir atau tanah. Alas pasir atau tanah ini berguna untuk membentuk cakar dari ayam bangkok. Kandang umbaran ini juga bertujuan agar ayam tidak stres dan merasa sedikit lebih bebas.

Kandang umbaran ini bisa dibuat menggunakan kayu, bambu maupun besi. Untuk ukurannya bisa kita sesuaikan dengan keinginan. Umumnya kandang umbaran dibuat lebih besar misalnya panjang 2 meter, lebar 80cm dan tinggi 80cm.

3. Kandang Tidur

Jenis kandang ayam bangkok yang terakhir adalah kandang tidur. Dimana desain kandang ini yakni dibuat seperti rumah panggung. Kita juga bisa membuatnya bertingkat jika ayam yang kita miliki lebih dari satu.

Untuk ukurannya bisa menyesuaikan dengan keinginan kita. Namun usakan jarak antara lantai dengan tanah minimal 30cm agar hawa dingin tanah tidak membuat ayam kedinginan.

Sebagai informasi tambahan, jika kamu tidak sempat untuk membuat kandang, kamu bisa membelinya secara online melalui salah satu toko di Shopee. Sebagai rekomendasi, silahkan kunjungi toko melalui link berikut ini.

Itulah tadi informasi mengenai jenis kandang ayam bangkok. Silahkan berikan masukan dengan meninggalkan komentar pada bagian bawah artikel ini. Terima kasih.

*Gambar Utama: Youtube / RIKKIE KAF

Posted in Perawatan Ayam

Tags - Kandang AyamKandang PostalKandang TidurKandang Umbaran