[Video] Cara Memotong Jalu / Taji Ayam Bangkok

Seperti yang kita ketahui bahwa ayam aduan seperti ayam bangkok pastinya akan memiliki Jalu atau taji yang biasanya digunakan sebagai senjata dalam bertarung,. Namun untuk diadu digelanggang aduan, tidak jarang ayam yang memiliki jalu panjang yang kesulitan mendapatkan lawan atau gandengan,. Hal ini jelas akan membuat kita sebagai pemilik ayam sedikit kesal jika ayam kita tersebut tidak mendaptkan gandengan,.

Jalu ini sendiri terdiri dari dua lapisan yakni bagian luar yang keras dan bagian dalam yang lebih lunak,. Meskipun kita potong, jalu ini akan tetap terus tumbuh hingga ayam mengalami kematian,. Sama halnya dengan kuku manusia yang terus tumbuh meski kita potong setiap harinya,.

Beberapa Cara Memotong Jalu Ayam

Banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk memotong jalu ini,. Memotong jalu  ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yakni potong habis, potong jalu serong, dan mencabut taji,. Nah, jika kita memilih mencabut jalu, maka jalu berkemungkinan besar tidak akan tumbuh lagi,. Hal ini dikarenakan pencabutan ini sendiri dilakukan hingga ke akar jalu tersebut,.

Baiklah, kita mulai saja tentang cara memotong jalu ayam bangkok ini,. Dibagian awal kami juga menyertakan video yang kami kutip dari Youtube untuk melengkapi panduan yang kami berikan ini,. Namun pada video diatas, cara yang digunakan adalah menggunakan gergaji besi,.

Baca Juga : [Video] Cara Memandikan Ayam Bangkok Dengan Benar

Cara Potong Habis Jalu Ayam

Cara yang pertama yakni potong habis yang berarti kita akan memotong taji mulai dari pangkal hingga tidak ada sisa,. Biasanya botoh ayam menggunakan cara ini untuk ayam bangkok yang memiliki gaya tarung dominan memukul agar ayam lebih leluasa dalam bertarung,.

Untuk cara memotongnya yakni menggunakan gergaji besi yang tajam dan kalu bisa gunakan yang masih baru,. Sebelum memotong menggunakannya, sebaiknya gergaji diolesi alkohol agar ayam tidak terinfeksi nantinya,.

Sebaiknya juga dilakukan oleh dua orang agar ayam tidak meronta ronta saat dipotong jalunya,. Caranya yakni salah satu memegang ayam dan satu orang lagi yang melakukan pemotongan,. Lakukan pemotongan pada bagian pangkal dengan cepat untuk menghindari sakit yang akan dirasakan ayam saat melakukan pemotongan,. Setelah jalu terpotong habis, maka olesi kopi bubuk untuk mengehntikan pendarahan,.

Loading...
Cara Memotong Jalu Ayam Bangkok
Cara Memotong Jalu Ayam

Cara Potong Serong Jalu Ayam

Cara yang kedua ini berbeda dengan cara pertama,. Dimana potong serong sendiri bertujuan untuk meruncingkan taji tersebut,. Sebelum memotong, perhatikan dulu arah atau alur taji tersebut,. Karena untuk potong serong ini harus berlawanan arah dengan alur taji tersebut,. Jika taji menghadap kebawah,maka cara memotong dari arah atas.

Untuk aya muda sebaiknya lebih berhati hati agar bagian dalamnya tidak ikut terpotong,. Jika anda sebagai pemula,akan lebih bagus meminta bantuan pada sesepuh juragan ayam yang mana sudah mengetahui teknik serta cara jika anda tidak berani untuk memotongnya,.

Cara Mencabut Taji

Cara ini adalah cara yang paling mudah dan tidak menyakitkan ayam jika kita mengetahu cara dengan benar,. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan pepaya muda atau bonggol pisang,. Pepaya muda atau bonggol pisang dibakar hingga panas dan kemudian tancakan pada bagian jalu tersebut,. Lakukan secara berulang hingga jalu bagian luar bisa dicopot dengan mudah,.

Cara lainnya yakni menggunakan Tang untuk menjepit dan mencabut taji tersebut,. Lakukan dua orang agar mempermudah proses pencabutan,. Satu orang memegang ayam dan satu orang lagi yang melakukan pencabutan,.

Setelah jalu bagian luar dicabut, cuci menggunakan alkohol dan kemudian dibalut,. Untuk mempercepat pemulihan luka, dapat diberikan betadine atau antiseptik lainnya,.

Itulah beberapa cara memotong dan mencabut jalu ayam bangkok yang dapat saya berikan,. Semoga dapat berguna bagi anda,. Jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan, harap sisipkan komentar anda pada bagian bawah blog ini,. Terima kasih,.

Author: Hobi Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *