[Video] Cara Memandikan Ayam Bangkok Dengan Benar

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam merawat ayam aduan seperti ayam bk/bangkok adalah memandikan ayam tersebut,. Biasanya ayam yang dimandikan ini sudah mencapai umur 7 bulan,.

Nah, apakah tujuan memandikan ayam bangkok ini?. Tujuannya adalah supaya ayam terlihat lebih segar dan bersih,. Selain itu memandikan ayam ini juga mempunyai manfaat lainnya yakni membantu proses pertumbuhan dan pengerasan otot ayam tersebut,.

Jika ayam yang kita rawat terlihat lebih segar dan bersih tentunya kita akan semakin bersemangat dalam merawatnya,. Apalagi jika ayam kita ini adalah ayam dari bibit unggul dan didapat dengan harga yang mahal,. Tentunya kebersihan ini sangat penting untuk menjaga kesehatannya,. Karena ayam yang bersih akan jauh dari penyakit yang mungkin menempel pada tubuh ayam,.

Ayam yang bersih dan sehat ini jika memiliki otot yang keras akan semakin terlihat gagah,. Jadi memandikan ayam ini bisa dibilang sangat wajib jika ingin mendapatkan ayam aduan berkualitas nantinya,.

Dan untuk proses memandikan ayam ini juga tidak boleh sembarangan,. Bagi yang sudah berpengalaman tentu mengetahui bagaimana caranya dan alat apa saja yang digunakan untuk memandikan ayam ini,.

Memandikan Ayam Bangkok
Memandikan Ayam Bangkok

Baca Juga : [Video] Cara Melatih Pukulan Ayam Bangkok Agar Semakin Keras

Loading...

 

Cara Memandikan Ayam Bangkok Aduan

Untuk memandikan ayam ini peralatan yang dibutuhkan adalah gabus atau spons, ember dan air bersih,. Cara memandikannya yakni ayam dimandikan dengan menggunakan gabus atau spons dengan cara perlahan-lahan dan kemudian dipijit agar otot-otot pada ayam dapat berkembang menjadi lentur dan keras,.

Seperti pada video Cara Memandikan Ayam Bangkok yang Baik dan Benar yang kami kutip dari Youtube diatas yakni pertama siram bagian ketiak sayap secara bergantian,. Caranya basahi spons dengan air dan diperas airnya pada ketiap sayap tersebut,. Kemudian usap secara perlahan agar ayam tidak kaget,.

Selanjuntnya basahi bagian buntut dengan spon yang sudah dibasahi,. Caranya yakni spons diusap mulai dari bawah dada hingga buntut secara perlahan hingga bersih,. Bersihkan juga bagian paha dan kaki ayam secara bergantian dengan mengusapnya secara perlahan,.

Tahap berikutnya yakni basahi bagian leher dengan sedikit air,. Caranya yakni dengan memera spons dari bagian atas leher kemudian usap bagian punggung menggunakan spons tersebut,. Terakhir, bilas semua bagian tubuh hingga bersih,.

Memandikan ayam bangkok sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 8 atau 9 pagi dengan memperhatikan cuaca,. Apabila mendung tau hujan, sebaiknya ayam tidak usah dimandikan,. Karena pada saat hujan akan proses pengeringan bulu ini bisa menjadi lama dan hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan bulu ayam,.

Ayam yang sudah dimandikan selanjutnya dijemur untuk mengeringkan bulu serta membentuk stamina,. Manfaat dari menjemur juga diantaranya ayam akan lebih bergairah, membunuh bakteri, membentuk otot, mendapatkan vitamin D dan kemudian stamina ayam akan meningkat karena terbiasa dengan panas.

Demikianlah informasi dari saya mengenai Cara Memandikan Ayam Bangkok Dengan Benar,. Semoga dapat berguna bagi anda dalam merawat ayam jago kesayangan anda,.

Sumber : Youtube

Author: Hobi Ayam

1 thought on “[Video] Cara Memandikan Ayam Bangkok Dengan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *