Ayam Bangkok Ngorok Akan Sembuh Dengan Cara Pengobatan ini

Ayam Bangkok Ngorok Tak Kunjung Sembuh adalah salah satu penyakit yang cukup menganggu apalagi penyakit ini juga bisa menular pada ayam kita lainnya,. Penyakit ngorok ini dalam dunia medis dikenal dengan nama Chronic Respiratory Disease (CRD) atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri pada saluran pernafasan ayam,.

Meski secara umum tidak berdampak fatal, namun penyakit ini dapat menganggu kesehatan dan juga mental ayam tersebut,. Jadi mau tidak mau penyakit ini harus diatasi agar kualitas bertarung ayam kita tidak menurun akibat penyakit ini,.

Penyakit ini bisa menular pada ayam lainnya baik melalui kontak langsung maupun dari udara yang membawa bakteri Microplasma Galisepticum yang menjadi penyebab utama penyakit ngorok pada ayam bangkok,. Pada kasus lain penyakit ini juga bisa disebabkan perubahan cuaca, anomia dan juga kurangnya kebersihan kandang,.

Ayam Bangkok Ngorok
Obat Ayam Ngorok

 

Pencegahan Penyakit Ngorok Untuk Ayam Aduan

Sebelum ayam kita terkena penyakit ini, sebaiknya kita melakukan pencegahan yakni dengan cara membersihkan kandang secara rutin baik dari sisi lantai, dinding maupun perlengkapan makan dan minum yang ada dikandang tersebut,. Untuk perlengkapan makan dan minum ini bisa dibersihkan setiap hari,.

Selain itu usahakan agar kandang ayam tidak terlalu pada terutama bagi ayam bangkok muda karena ayam muda ini lebih rentan terhadap penyakit,. Usahakan kandang agar tidak lembab agar bakteri tidak berkembang dan menyerang ayam kita nantinya,.

Sebaiknya kandang juga tidak terlalu terbuka agar udara yang mengandung bakteri tidak masuk kekandang,. Dan pada musim penghujan sebaiknya kadang ditutupi agar kandang tidak basah sehingga bakteri tidak akan berkembang dan menyerang ayam kita,.

Loading...

Pencarian Populer : Obat Mata Ayam Berair dan Berbusa

Cara Mengobati Ayam Bangkok Ngorok

Untuk mengobati penyakit ngorok ini kita bisa menggunakan bahan alami / tradisional dan juga menggunakan obat apotik atau obat buatan pabrik,. Dibawah ini akan kita jelaskan tentang pengobatan menggunakan 2 cara ini dan semoga dapat berguna bagi anda,.

Obat Ayam Ngorok Mengguanakan Bahan Alami

Cara pertama ini yakni dengan mengggunakan bahan alami yang bisa kita dapatkan dengan mudah,. Cara ini juga terbilang tanpa biaya karena bahan bahannya merupakan tumbuhan yang ada disekitar kita,.

  • Daun Sirih

Untuk mengobati ayam ngorok menggunakan daun sirih ini caranya yakni dengan merebus 3 – 7 helai daun sirih dengan 1 gelas air bersih,. Biarkan mendidih dan kemudian campurkan dengan jeruk nipis,. Berikan setiap pagi dan sore hari hingga ngorok pada ayam benar benar sembuh,.

  • Bawang Putih

Cara pemberiannya yakni bawang putih diparut dan kemudian diambil sarinya,. Berikan pada ayam pada saat malam hari agar bawang putih ini dapat bereaksi dengan maksimal,. Selain untuk mengobati ngorok, bawang putih ini juga berguna untuk membunuh cacing yang terdapat pada usus ayam tersebut,.

  • Tanaman Getehan

Tanaman ini merupakan tanaman yang paling sering digunakan untuk mengobati penyakit ngorok pada ayam,. Cara pemberiannya yakni dengan cara menumbuk buah getehan yang sudah matang dan kemudian diambil sarinya,. Berikan sari getehan ini sekali sehari hingga ngorok ayam benar benar sembuh,. Berdasarkan kabar dari beberapa botoh, biasanya ngorok ayam akan hilang dalam 2 atau 3  hari menggunakan tanaman getehan ini,.

Obat Ayam Ngorok Mengguanakan Obat Apotik

Untuk pengobatan menggunakan obat apotik ini yakni dapat diberikan obat berupa fluoroquinolon, makrolida dan tetracycline serta multivitamin seperti Fortevit. Jenis obat obat ini dapat dibeli di apotik atau toko unggas di daerah anda,. Untuk cara pemberiannya yakni dapat mengikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan obat,. Pemberiannya harus tepat dan tidak terlalu berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping nantinya,.

Itulah beberapa cara mengobati Ayam Bangkok Ngorok Tak Kunjung Sembuh yang dapat saya sampaikan,. Semoga dapat berguna bagi anda dalam mengatasi penyakit ini pada ayam bangkok kesayangan anda,. Terima kasih.,

Author: Hobi Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *