4 Tahap Perawatan Ayam Bangkok Sebelum Diadu

Untuk mempersiapkan ayam agar benar benar tampil prima saat berlaga, maka kita sebagai pemilik ayam wajib memberikan perawatn yang tepat,. Perawatan yang dimaksud adalah memberikan ayam perlakuan khusus yang mana perawatan ini sedikit berbeda untuk ayam yang belum siap adu,.

Sebenarnya untuk perawatan ini dimulai sejak ayam masih kecil hingga mencapai usia dimana ayam sudah siap untuk ditarungkan,. Namun khusus untuk ayam yang akan ditarungkan ini, maka sebulan sebelum turun ke gelanggang, ayam harus mendapatkan perawatan khusus seperti yang akan kita bahas kali ini,.

Perawatan Ayam Bangkok
Ayam Bangkok Siap Adu

Peawatan Ayam Bangkok Sebelum Dilagakan

Apa saja tahap tahap dalam merawat ayam sebelum dilagakan?

Ayam yang akan siap tarung ini akan diberikan perawatan yang dibagi menjadi 4 bagian yakni perawatan minggu pertama, minggu kedua, minggu ketiga dan minggu keempat,. Tujuan kita membagi perawtan ini menjadi 4 tahap agar kita dapat melihat perkembangan dan kesiapan ayam yang akan kita adu di gelanggang nantinya,.

Pantau terus perkembangan selama 4 tahap ini agar kita tahu hal apa saja yang perlu kita berikan pada tahap selanjutnya,. Berikut ini adalah tahap dalam merawat ayam jago sebelum laga yang kami kutip dari jouhome.com,.

Perawatan Minggu Pertama

Untuk perawatan minggu pertama ini hal yang harus diperhatikan adalah pakan, memandikan, menjemur, pengabaran, dan mengistirahatkan ayam tersebut,.
  • Berikan pakan berupa jagung dan beras merah untuk membentuk otot ayam supaya lebih cepat berkembang, kemudian mengeraskan otot ayam bisa dilakukan dengan cara mengkompres kulit ayam dengan air di malam hari secara rutin.
  • Ayam harus rutin dimandikan dan dijemur.
  • Pada hari ke 3 minggu pertama berikan jamu ayam racikan sendiri.
  • Pada hari ke 4 ayam aduan diistirahatkan di dalam kandang selama satu hari penuh.
  • Pada hari ke 5 ayam di abar (training) dengan durasi kira-kira 10 menit, sebaiknya sesuaikan durasi abar sesuai dengan kesanggupan ayam.
  • Hari ke 6 dan ke 7 ayam diistirahatkan total.
Selama masa ini, ayam harus benar benar diperhatikan perkembangan dan kesiapannya,. Karena pada tahap selanjutnya mungkin ayam akan diberikan jenis perawatan yang berbeda namun jika dirasa ada yang kurang pada tahap minggu pertama ini, maka dapat diberikan pada tahap minggu kedua,.

Perawatan Minggu Kedua

Pada hari pertama hingga hari ke tiga pada tahap ini, ayam dimandikan dan dijemur dan diberikan pola latihan berupa latihan fisik,. Masuk hari keempat, ayam diberikan jamu herbal dan diumbar dihalaman namun jangan biarkan ayam kawin agar kondisinya tetap prima,.
Masuk hari kelima, ayam diabar dengan durasi 15 menit dan setelah masuk ke hari 6 dan 7 ayam sudah bisa diistirahatkan,. Namun pada hari ke 6 dan 7 ayam ayam juga bisa diberikan sedikit senam otot agar otot tersebut semakin lentur dan peredaran darah diotot tetap lancar,.

Perawatan Minggu Ketiga

Pada tahap ini perawatan yang diberikan hampir sama dengan tahap kedua,. Namun  durasi latihan fisik dan abar lebih ditingkatkan menjadi 20 menit,. Pada tahap ini adalah tahap dimana kita bisa menilai kesiapan ayam dan jika memperlihatkan perkembangan yang bagus maka dilanjtkan dengan tahapan minggu keempat,.
Namun jika kesiapan masih dirasa kirang bagus, maka durasi latihan bisa dtingkatkan lagi,. Untuk mengenali kesiapan ayam ini dapat dilihat dari nafas yang panjang, otot mulai mengeras dan gaya bertarung sudah lebih baik daripada sebelumnya,.

Perawatan Minggu Keempat

Nah, tahap ini adalah tahap penentuan apakah ayam benar benar sudah siap ditarungkan atau belum,. Disini kita harus bisa melihat perkembangan selama 3 minggu sebelumnya sehingga jika dirasa sudah mantap, maka diberikan perawatan lanjutan,.
  • Hari ke 1 berikan jamu herbal berupa kuning telur ayam kampung+sedikit madu+kunyit+gula merah.
  • Hari ke 2 sampai hari ke 3 ayam tetap dimandikan dan dijemur kemudian lakukan latihan lalu ayam diumbar bebas.
  • Hari ke 4 berikan obat doping, kalau biasanya kami menggunakan kapsul super top.
  • Hari ke 5 ayam diumbar setengah hari kemudian diistirahatkan kembali di kandang.
  • Hari ke 6 ayam sebaiknya diistirahatkan total selama satu hari.
  • Hari ke 7 ayam siap dibawa ke arena untuk bertanding.
Dengan menerapakan perawatan seperti diatas dengan benar, maka ayam yang akan kita lagakan nantinya akan terlihat kesiapannya,. Sekian pembahasan kita mengenai 4 Tahap Peawatan Ayam Bangkok Sebelum Diadu ini dan semoga dapat bermanfaat bagi anda,. Terima kasih,.